Selamat datang di Website Kelurahan Cipedak Kecamatan Jagakarsa Kota Administrasi Jakarta Selatan
Home » » DKI Hemat APBD untuk Danai Pembangunan

DKI Hemat APBD untuk Danai Pembangunan

Written By kelurahan cipedak on 19 Oktober 2012 | 13.08

BERITAJAKARTA.COM — 18-10-2012 10:38
Untuk menekan pengeluaran, dalam lima tahun ke depan Pemprov DKI Jakarta akan melakukan efisiensi anggaran. Dengan langkah tersebut, ditargetkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013 dapat dihemat hingga 20 persen. Sehingga sisa anggaran bisa digunakan untuk bedah kampung, khususnya bagi kawasan kumuh yang masih ada di ibu kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama mengatakan, efisiensi anggaran tersebut bisa dilakukan dengan mengaudit Harga Satuan Unit (HSU). Dengan begitu diharapkan dapat menghemat anggaran maksimal 20 persen atau minimal 10 persen. “Jika meleset atau tidak bisa juga, 10 persen juga masih tidak apa-apalah,” kata Basuki, Kamis (18/10).

Menurutnya, dengan APBD yang mencapai Rp 40 triliun pada tahun ini, penghematan bisa mencapai Rp 8 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk program-program lainnya, seperti penataan kawasan kumuh, bedah kampung, Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan Kartu Jakarta Sehat (KJS). “Pak Gubernur ingin membedah kampung. Bisa untuk beli tanah kosong, perumahan, pasar, dan puskesmas baru," ucapnya.

Selain itu, dana tersebut juga bisa digunakan untuk menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di ibu kota agar target RTH hingga 40 persen bisa tercapai. Karena saat ini RTH di Jakarta baru mencapai 10 persen. "Bisa juga untuk beli tanah untuk penambahan RTH sampai 40 persen," ujarnya.

Ia menyebutkan, hingga saat ini APBD 2012 yang sudah terpakai baru 48 persen, sedangkan sisanya mencapai angka 52 persen. Sisa anggaran tersebut akan digunakan untuk kelanjutan proyeksi proyek sampai akhir tahun ini. Terutama persoalan penataan kampung kumuh.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | A_P |
Copyright © 2012-2016 Kelurahan Cipedak - All Rights Reserved